kue ulang tahunKue Ulang tahun
Bahan Pembuatan Cake

Bahan Pembuatan Cake

Bahan Pembuatan Cake

1) Bahan Utama

a) Tepung Terigu

Tepung terigu yang digunakan untuk pembuatan Cake adalah tepung terigu berkadar protein antara 6-15% dan harus mempunyai daya serap air yang rendah. Di Indonesia terdapat beberapa jenis tepung yang dikenal dengan berbagai merk, yang mempunyai ciri berwarna putih dan memiliki tekstur lembut.

Macam-macam tepung terigu berdasarkan kadar protein:

  1. Tepung terigu protein rendah

Tepung terigu yang berprotein rendah biasanya memiliki kandungan protein berkisar 6-10%. Tepung terigu ini cocok untuk membuat adonan resep kue yang tidak memerlukan tekstur kenyal serta elastis, seperti cookies, biskuit, dan kue kering karena dapat membuat menjadi renyah serta aneka gorengan.

Kandungan gluten rendah membuat daya serap air sangat sedikit serta dalam tepung terigu pada adonan, akan membuat kue dan gorengan jadi lebih renyah dan nikmat. Kelebihan tepung terigu ini adalah tidak mudah berjamur.

  1. Tepung terigu protein sedang

Kandungan protein dalam tepung terigu protein sedang ini berkisar antara 8-10 persen.  Kandungan protein tepung terigu yang tidak terlalu rendah dan tinggi ini menjadi tepung yang serbaguna. Tepung terigu ini cocok untuk membuat adonan resep kue yang bertekstur lembut, namun cukup mengembang, seperti kue basah, cake, waffle, dan lain – lain serta cocok juga untuk membuat aneka gorengan.

  1. Tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu protein tinggi ini memiliki kandungan protein 11-15 persen, memiliki kandungan gluten yang paling tinggi juga sehingga memiliki daya serap air yang tinggi dan elastis, serta mudah untuk digiling. Tepung terigu ini cocok digunakan untuk membuat aneka makanan yang bervolume besar, produk yang mengembang, dan elastis misalnya roti, donat dan mi.

Pada adonan roti terdapat gluten yang berfungsi untuk menahan adonan saat mengembang sehingga strukturnya kuat dan tidak kempis kembali. Tepung terigu ini memiliki tekstur yang halus dan daya serap air yang tinggi sehingga hasilnya akan  lembut.

b) Lemak dan Minyak

Beberapa jenis lemak yang umum dikenal yaitu mentega, margarine dan minyak goreng.

c) Telur

Telur yang digunakan dalam pembuatan cake yaitu telur ayam. Manfaat telur yaitu untuk mengembangkan kue dan memberi rasa lembab ketika digigit (moist). Kuning telur kaya akan emulsi alami yang menghasilkan warna keemasan saat dipanggang yang baik.

d) Gula

Fungsi gula dalam pembuatan cake adalah untuk memberikan rasa manis, selain itu dapat memberi warna pada kulit kue, melembabkan kue, serta membantu mentega untuk menangkap dan mengikat udara sehingga adonan naik atau mengembang.